ABSTRAK
Oleh Mukhtar
Mukhtar, Manajemen Kurikulum Pendidikan
Inklusif di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Sangatta Utara, Tesis,
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam pada Program Pasca Sarjana Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda 2017. Penelitian ini dibimbing oleh Dr.
Zurqoni, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi
kurikulum pendidikan inklusif. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui manajemen perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi
kurikulum pendidikan inklusif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi dan teknik analisis data
menggunakan model analisis interaktif.
Hasil
penelitian menunjukkan perencanaan kurikulum meliputi: penunjukkan koordinator, melakukan
pelatihan, penentuan batas IQ siswa yang diterima, penentuan kurikulum, tenaga
pendidik dan pendamping, kalender akademik, aturan khsusus ABK, pemenuhan
sarana prasarana dan bentuk evaluasi/penilaian. Pengorganisasian kurikulum meliputi:
susunan
mata pelajaran mengikuti kurikulum 2013 namun ada modifikasi materi dan
kompetensi dasarnya, penekanan muatan materi lebih kepada pendidikan karakter, integrasi
antar mata pelajaran. Implementasi kurikulum meliputi: implementasi sekolah
dalam hal ini Kepala sekolah mengambil kebijakan, menyusun kalender akademik
dan memantau perkembangan penyelenggaraan pendidikan inklusif dan implementasi
kelas oleh guru dan koordinator meliputi kegiatan proses pembelajaran maupun
evaluasi atau penilaian perkembangan siswa, baik itu mingguan, bulanan maupun
akhir semester. Evaluasi kurikulum oleh
guru meliputi: tes atau tugas mingguan, bulanan dan akhir semester serta
pengamatan, oleh Koordinator evaluasi dilakukan berdasarkan laporan untuk
melakukan perbaikan dan oleh Kepala sekolah beerdasarkan laporan secara global untuk
kemudian mengambil kebijakan strategis dalam perbaikan.
Implikasi dari penelitian ini adalah
jika manajemen kurikulum yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,
implementasi dan evaluasi bisa dilakukan dengan baik maka tujuan pendidikan
akan dapat dicapai secara efektif dan efisien.
No comments:
Post a Comment
Nama:
Eamil: