OTSUS Yes, NKRI Harga Mati - PERANTAU

Breaking

 


Friday, February 20, 2015

OTSUS Yes, NKRI Harga Mati

 Sangatta-Tuntutan Otonomi Khusu (OTSUS) Kalimantan Timur kelihatannya semakin menggema, hal ini ditandai oleh gerakan aksi damai mimbar bebas bertempat di Simpang Empat Jl. Bontang pada (20/02). Gerakan tersebut dimotori oleh Tim Sembilan OTSUS Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Timur dengan mengajak berbagai elemen organisasi kepemudaan yang dinaunginya.


Menurut Alex Bhajo, selaku koordinator lapangan sekaligus Ketua tim mengatakan, aksi damai mimbar bebas tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang otonomi khusus sekaligus menunjukkan semangat otsus bersama yang diperjuangkan oleh Kaltim. “Ini merupakan titik awal dari tim OTSUS KNPI Kutim yang berjumlah 9 orang dalam mengawal perjuangan OTSUS, dan kami berharap pemerintah pusat mendengar serta masyarakat Kutim khususnya tahu alasan kita menuntut OTSUS, kata Alex panggilan akrabnya. “Kami juga ingin membuktikan bahwa OTSUS bukan keinginan segelintir elit, namun keinginan seluruh masyarakat Kaltim, tambahnya.

Untuk diketahui, aksi damai tersebut diisi dengan orasi dari masing-masing perwakilan organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIPER dan sebagainya. Selain itu, sebagian massa aksi juga membentangkan kain putih untuk dibubuhi tanda tangan sebagai wujud dukungan serta membagikan selebaran kepada masyarakat Kutim yang melintas.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mendukung OTSUS, karena OTSUS itu hak kita masyarakat Kaltim, dan Undang-Undang telah memberikan ruang di UUD pasal 18b. Otonomi Khusus, Yess, NKRI harga mati”, kata orator-orator yang menyuarakan dukungannya terhadap tuntutan OTSUS terdengar lantang sambil mengajak seluruh masyarakat Kutim untuk membubuhkan tanda tangan di kain putih sebagai bentuk dukungan terhadap tuntutan OTSUS.

Tidak ketinggalan juga Nasrudin, Ketua DPD KNPI Kutim turut serta dalam aksi damai tersebut, menurutnya, KNPI perlu ambil bagian dalam memperjuangkan OTSUS, dan KNPI mempunyai peran penting untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait OTSUS. “Saya berharap kita semua elemen kepemudaan yang bernaung di bawah KNPI turut andil dalam memperjuangkan dan memberikan pemahaman OTSUS kepada masyarakat Kutim khususnya. Kami yakin kalau OTSUS tercapai, fasilitas publik seperti jalan, rumah sakit, dan sekolah akan lebih maksimal dan roda perekonomian menjadi lancar, ujarnya.

Setelah sekira dua jam massa aksi menyampaikan orasinya, menjelang jam 5 sore, aksi damai pun ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa bersama. ** mukhtar

1 comment:

Nama:
Eamil: