NALAR KRITIS KEMERDEKAAN MBOK SANTHIR DAN MBAH JEKEH - PERANTAU

Breaking

 


Tuesday, August 20, 2013

NALAR KRITIS KEMERDEKAAN MBOK SANTHIR DAN MBAH JEKEH

Waktu itu saya sedang jalan-jalan berusaha menikmati kemerdekaan, ingin membebaskan diri dari belenggu kesusahan dan perasaan yang tak kunjung hilang, eh tiba-tiba saya lihat 2 orang yang seumuran kepala lima sedang ayik ngobrol dengan penuh manja dan fulgar. Saya dengarkan obrolannya, ternyata cukup menarik dan patut menjadi renungan bagi kita semua, mereka  mengobrolkan soal kemerdekaan yang kebetulan sedang dirayakan beberapa hari lalu, berikut ini obrolannya:

Santhir   : Mbah Jekeh, tanggal 17 Agustus kemarin banyak lomba-lomba dan upacara, katanya    memperingati hari kemerdekaan, opo bener Mbah?
Jekeh     : Iya Mbah Santhir, bentuk untuk memperingati hari kemerdekaan yang ke 68.
Santhir   : Emang Mbah Jekeh tahu apa maknanya merdeka?,
Jekeh     : Oalah Mbok Santhir ki lucu sudah pernah hidup di jaman kemerdekaan ko ga tahu artine. Makanya ojo kerjo terus Mbok, mlebu kursus Mok biar tahu artinya merdeka, merdeka itu terbebas dari segala bentuk penjajahan. Bukane Mbok santhir pernah SD?
Santhir   : Pernah sih Mbah Cuma ga sampe satu bulan karena ga bisa bayar jadi ga boleh lagi sekolah, mangnya kenapa Mbah?
Jekeh     : Itulah orang kalau ga pernah makan sekolahan, kan setiap hari senin itu upacara dan dibacakan pembukaan uud yang seperti ini “kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, maka oleh sebab itu segala bentuk penjajahan harus dihapuskan” (kalau belum ganti gitu Mbok arti kemerdekaan).
Santhir   : O berati kita itu bebas dari penjajahan jepang dan belanda itu maksudnya Mbah?
Jekeh     : Bukan hanya itu, kita bebas dari segala bentuk penjajahan, misalnya bebas dari penjajahan budaya, teknologi, ekonomi, bebas dari kemiskinan, kekurangan, rasa takut dan sebagainya.
Santhir   : Wah Mbah ko pinter, mang lulusan apa Mbah sekolahe?
Jekeh     : Wah aku ki lulusan tinggi Mbok, aku lulusan SMA jurusan IPS, makane dikit-dikit ngerti merdeka.
Santhir   : Wah dadi saiki Mbah sudah merdeka dong?
Jekeh     : Mbok Santhir ki piye, ini ngolok/ngejek?, pake nanya gituan, kaya belum pernah hidup di jaman merdeka aja. Lihat kondisi saya ini Mbok Santhir, kan ga jauh beda dengan sampean, sukur-sukur bisa beli mobil, bisa makan sehari aja kaya nemu mas Mbok, iya kan?
Santhir   : La ko ngomong-ngomong merdeka, wong perjuangane urip awake dewe iki koyo ngungkuli penjajah ko susahe, Cuma bedanya kita melawan persaingan dari bangsanya sendiri, kita bersaing melawan orang-orang yang duitnya segunung, dan kita bersaing melawan orang-orang yang minteri bangsa kita Mbah.
Jekeh     : Jane ku ngono, saya sebenarnya sih kaya nya belum pernah merasakan merdeka Mbok, tapi saya malu kalau ditanyain tentang merdeka sama orang yang ga sekolah kaya sampean, bilang ga tahu, saya kan lulusan SMA. Bung karno juga bilang Mbok,kemerdekaan ini adalah jembatan emas,  jadi harusnya setelah merdeka dari penjajahan, di belakangnya nasib bangsa ini lebih dari emas, bangsanya makmur, adil, dan sejahtera.
Santhir   : Mbah-Mbah orang kita sama-sama miskin dan kayanya sama-sama belum merdeka ko blagu. Pantes aja ya Mbah, dulu katanya kalau merdeka itu simbolnya mengibarkan bendera merah putih, tapi 17 agustus kemarin  ko jarang ya Mbah, malah yang banyak ko bendera-bendera partai, atau memang kita banyak yang belum merdeka dan yang merdeka itu orang-orang partai politik Mbah?
Jekeh     : Bisa jadi, kan rata-rata orang partai berduit, misalnya mau beli suara, beli hukum, beli undang-undang dan sebagainya aj bisa apalagi hanya beli bendera
Santhir   : Tidak Mbah, tapi ko ga beli bendera merah putih ya Mbah, biar kelihatan banyak  yang merdeka kan bagus..
Jekeh     : Merdeka ko kelihatan, mana ada merdeka bohongan/dibuat-buat Mbok, Mbok Santhir iki nglawak. Memang bangsa ini sudah begini Mbok, rasa kepedulian antar sesama, jiwa gotong royong, saling membantu sudah mulai hilang apalagi untuk memikirkan bangsa kita yang besar ini, kayanya sudah ga nyampe lagi Mbok.
Santhir   : Terus kalau begini kita ge mana Mbah?
Jekeh     : Ge mana-ge mana Mbok, ya ga ge mana-mana Mbok!!!
Santhir   : Ko ga ge mana-ge mana Mbah, maksudnya ge mana?
Jekeh     : Mau bangsa ini katanya sudah merdeka atau belum merdeka atau masih mau merdeka kan kita ga bisa buat apa-apa, kita kan orang miskin jadi ga bakal didengerin kalau ngomong, apa lagi kuping para pemimpin bangsa ini kan alergi denger suara-suara orang yang ga punya duit seperti kita ini.
Santhir   : Jadi apa kesimpulannya tentang merdeka Mbah?
Jekeh     :Kalau menurut orang-orang seperti kita, yang makannya ga menentu, merdeka itu artinya bebas dari hutang walaupun kekurangan, karena ga mungkin ada orang yang mau ngutangin kita.
Santhir   : Ko bisa gitu Mbah?
Jekeh     : Iya to Mbok, orang-orang kan ga percaya kalau kita ngutang, bayar pake apa coba, orang makan aja kekurangan.
Santhir   : Ya wis lah Mbah nek ngono, merdeka itu memang mungkin bukan milik kita, yang  penting kita masih diberi hidup untuk berdoa dan beribadah agar kita dan bangsa kita dibagiin merdeka oleh Tuhan.

1 comment:

Nama:
Eamil: